Pages

Thursday, May 26, 2022

4 Jenis Sistem Pengereman Berkombinasi atau Combi Brake System (CBS) pada Motor

Kali ini, Gitomotor mau share tentang 3 jenis sistem pengereman berkombinasi (Combi Brake system) atau disingkat dengan CBS. Teknologi CBS ini banyak diaplikasikan oleh brand-brand kendaraan. Seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan lain-lain. Namun, pada pembahasan ini kita akan mengambil contoh teknologi CBS dari Honda. Untuk itu, mari kita simak beberapa jenis sistem pengereman berkombinasi atau CBS.

1. Mechanical CBS

 

4 Jenis Sistem Pengereman Berkombinasi atau Combi Brake System (CBS) pada Motor
Mechanical CBS

Sistem pengeraman berkombinasi mechanical ini termasuk sistem paling sederhana. Mechanical CBS memberikan feeling pengereman kombinasi. Di mana ketika pengendara menekan tuas rem belakang pada motor matiknya, maka melalui kabel baja (olor) akan diteruskan ke dua bagian pengereman, yaitu: 1) Bagian rem tromol belakang sehingga rem aktif. 2) Meneruskan tekanan tuas rem ke bagian piston di master rem depan sehingga ada pressure dari master ke kaliper rem depan (sehingga aktif).

Dengan adanya kombinasi tersebut, di mana ketika rem belakang diaktifkan, maka akan mengaktifkan rem depan secara mekanik melalui usaha menyalurkan cairan/fluida rem ke sistem hidrolik pengereman depan.

Untuk mechanical CBS ini biasanya digunakan untuk kendaraan entry level Honda. Seperti Honda beat hingga Honda Vario series atau Vario 150 untuk versi menengahnya.

2. Semi Hydraulic CBS

 

4 Jenis Sistem Pengereman Berkombinasi atau Combi Brake System (CBS) pada Motor
Semi Hidraulic CBS

Sistem pengereman berkombinasi semi hydraulic ini pernah diaplikasikan di Honda PCX versi pertama. Sistem ini dapat dilihat pada gambar di atas. Ketika tuas rem belakang ditekan, maka kabel rem dari tuas akan meneruskan ke sebuah komponen Equalizer Delay Spring. Komponen ini bekerja selain mengaktifkan tarikan rem tromol belakang, juga akan mengaktifkan tekanan fluida dari master hidrolik yang mana digunakan untuk mengaktifkan salah satu dari 3 piston rem depan.

Apabila tuas rem depan yang diaktifkan, dua piston kanan dan kiri dari kaliper yang akan aktif. Kenapa CBS ini dinamakan Semi Hydraulic? Karena menurut Gitomotor, pengeraman ini tidak secara penuh aktif menggunakan tekanan hidrolik. Masih ada peran dari tuas rem depan secara mekanik melalui kabel rem yang terbuat dari bahan baja.

3. Full Hydraulic CBS

Untuk sistem pengereman berkombinasi dengan full hydraulic terbagi lagi menjadi 2 jenis. Kedua jenis ini, yaitu sebagai berikut.

a) C-ABS

4 Jenis Sistem Pengereman Berkombinasi atau Combi Brake System (CBS) pada Motor
C-ABS

Combined-ABS (C-ABS) ini pernah dipakai di Honda CBR250R yang lampu tunggal. Bisa dibilang, C-ABS ini adalah sistem pengereman tercanggih dari 4 jenis sistem pengereman yang dibahas di artikel ini. C-ABS adalah sistem pengereman berkombinasi full hydraulic.

Pada jenis C-ABS, baik menekan tuas rem depan atau belakang, akan diukur oleh ABS Modulator. Tuas rem depannya sekalipun tidak terhubung langsung dengan kaliper rem depan. Sebelum diteruskan ke bagian kaliper, harus melalui ABS Modulator dulu untuk mengukur proporsional tekanan yang akan diteruskan ke kaliper rem depan ataupun belakang.

Berapa persen pembagiannya? Apakah ABS-nya akan dihidupkan? Hal ini bergantung pada data yang dibaca sensor kecepatan.

b) CBS Delay Valve

4 Jenis Sistem Pengereman Berkombinasi atau Combi Brake System (CBS) pada Motor
CBS Delay Valve

CBS dengan delay valve juga merupakan sistem pengereman berkombinasi full Hydraulic. Pada gambar di atas, rem depan akan langsung bekerja untuk mengaktifkan 2 dari 3 piston kaliper rem depan.

Adapun rem belakang ketika ditekan, maka fluida rem yang dialirkan dari master rem akan masuk ke komponen delay valve. Kemudian, fluida keluar dari delay valve melalui dua lubang output. Satu mengalir ke caliper rem belakang hydraulic dengan satu piston. Satu lagi mengalir ke 1 dari 3 piston rem depan yang berada di tengah.

Disebut delay valve karena mempunyai jeda waktu (meskipun hanya sekian detik). Jenis rem CBS delay valve diaplikasikan di motor. Salah satunya, di Honda PCX 150.

Demikian ulasan mengenai 4 jenis sistem pengeraman berkombinasi atau CBS. Semoga artikel yang baru Gitomotor berikan ini dapat bermanfaat menambah pengetahuan kepada Anda.  

No comments:

Post a Comment