Pages

Saturday, May 28, 2022

Ini Dia Penyebab CVT Nmax Muncul Bunyi Kasar, Cek Bagian Ini!

CVT atau Mesin Nmax Bunyi - Munculnya bunyi kasar di motor Nmax kesayangan, membuat Anda bertanya-tanya. Dari mana asalnya? Karena risih dengan bunyi kasar tersebut, Anda berusaha mencari cara bagaimana menyelesaikan masalahnya. Jawabannya dapat Anda temukan di artikel dalam blog Gitomotor ini. Jadi, simak penjelasan berikut.

Sebagus apapun kualitas produksi pasti ada cacatnya. Jika bercermin pada dunia otomotif di Tanah Air, kita dapat melihat contoh dari suatu produk yang laku keras namun di sisi lain juga menyimpan masalah.

Seperti kita ketahui, penjualan Yamaha Nmax terbilang laris di pasaran. Motor yang memiliki body bongsor itu menawarkan banyak keunggulan. Mulai dari desain yang sporty hingga besarnya tenaga mesin.

CVT Nmax muncul bunyi kasar
pengendara Nmax (www.pexels.com/@muhammad-dzaki-zaidan-23516854)

Sebagai pengingat, Yamaha Nmax menggunakan jantung pacu berkapasitas 155 cc. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 14,8 Hp dan torsi puncak 14,4 Nm. Dengan kemampuan ini, Yamaha Nmax berani bila berhadapan dengan rivalnya, yaitu Honda PCX.

Munculnya Yamaha Nmax sendiri bermula ketika diluncurkan pertama kali pada 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor.

Kemunculannya disertai sejumlah terobosan baru. Salah satunya, penggunaan teknologi katup variable. Yamaha menamainya dengan nama Variable Valve Actuation (VVA). Di mana teknologi ini membuat mesin dapat mengeluarkan tenaga lebih maksimal di setiap putaran dengan tetap mengefisiensi bahan bakar. Sistem kerjanya hampir serupa dengan VVTi di mobil Toyota atau VTEC di mobil Honda.

Teknologi yang mutakhir, bukan? Meskipun demikian, ternyata Nmax juga ada penyakitnya yang cukup khas, yaitu bunyi kasar. Suara ini bisa bunyi gemretak (tek-tek) atau dengung (nging).

Dalam kondisi normal pun, mesin hingga CVT dari Yamaha Nmax bukanlah yang paling halus bunyinya. Untuk kasus ini, konsumen memang tidak dapat berbuat banyak.

Akan tetapi, di luar kasus tersebut terdapat jenis-jenis kerusakan yang dapat membuat mesin/bagian CVT Yamaha Nmax mengeluarkan bunyi kasar. Ciri-ciri Bunyinya seperti ada komponen logam yang saling beradu di dalam mesin/CVT.

Penyebab Bagian CVT atau Mesin Nmax Muncul Bunyi Kasar

Berdasarkan informasi yang telah Gitomotor kumpulkan mengenai penyebab CVT atau mesin Nmax berbunyi kasar, ternyata beberapa penyebab ini tergantung dari mana sumber bunyi kasar itu berasal. Bunyi tersebut apakah dari depan ataupun belakang. Ada dua kemungkinan:

  1. Jika dari depan, berarti bunyi berasal dari area mesin.
  2. Jika dari belakang, bunyi berasal dari area CVT (Continuously Variable Transmission).

Pertama-tama Gitomotor coba bahas masalah tentang asal bunyi ini. Apa sajakah yang perlu dicek?

1. Bearing Noken As Oblak (Area Mesin)

Komponen ini sering menjadi penyebab mesin Yamaha Nmax berbunyi kasar.

Seperti kita ketahui, noken as mempunyai 2 buah bearing (laker), yaitu besar dan kecil. Ada masanya bearing ini bisa longgar atau oblak.

Biasanya, bearing yang sering terjadi masalah demikian, yaitu bearing kecil yang menempel pada kepala silinder (silinder head).

Bearing yang oblak tidak dapat diperbaiki/direkondisi. Mau tidak mau harus ganti bearing baru.

Untungnya, bearing noken as Nmax harganya masih dapat dijangkau (tidak terlalu mahal). Untuk Harga bearing yang kecil antara Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu. Adapun bearing yang besar dijual dengan harga sekitar Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu.

2. As Pelatuk Klep Aus (Area Mesin)

Ada lagi sumber masalah lain pada mesin Nmax yang berbunyi kasar. Bunyi kasar ini muncul karena as pelatuk klep yang aus.

Permasalahan ini biasanya dipicu oleh kebiasaan pemilik yang sering telat mengganti oli mesin motornya. Lebih parahnya lagi bila mesin sampai kehabisan oli.

Jika demikian, as pelatuk klep akan aus atau terkikis. Alhasil, posisi as dan bearing-nya menjadi longgar.

Seperti halnya bearing noken as, sebaiknya komponen ini diganti dengan yang baru setelah terbukti menjadi penyebab bunyi kasar. Dengan harga yang cukup bersahabat di kantong, yakni sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

3. Pelatuk Klep Rusak (Area Mesin)

Sumber masalah berikutnya yang berasal dari mesin Nmax muncul bunyi adalah pelatuk klep rusak. Ini merupakan kondisi paling buruk. Sebagaimana yang telah diinfokan di awal, bawah Nmax mengadopsi teknologi VVA. Jadi, pelatuk klep ini memiliki harga yang cukup menguras kantong. Harganya sekitar Rp 400 ribuan.

4. Roller Peyang (Area CVT)

Seiring pemakaian, roller CVT lama-kelamaan kondisinya dapat menurun. Roller yang awalnya bulat menjadi peyang. Kondisi yang demikian juga dapat menimbulkan bunyi kasar di area CVT.

Rusaknya roller juga dapat menurunkan performa motor. Misal: tenaganya tersendat-sendat saat motor digas.

5. Bearing Gearbox Aus (Area CVT)

Untuk masalah ini biasanya di area CVT muncul bunyi dengungan atau suara nging saat motor melakukan pengurangan kecepatan (deselerasi). Hal ini disebabkan karena gigi rasio yang renggang. Selain itu, celah antarmata gigi sudah tidak presisi lagi. Jadi, menimbulkan bunyi kasar.

6. Sabuk V-Belt Kendur (Area CVT)

Kekenduran pada sabuk v-belt juga dapat membuat CVT Nmax berbunyi kasar. Sama seperti rantai yang kendur. Penyebabnya, terjadi gesekan antara komponen ini dengan tutup CVT (crankcase CVT).

7. Mangkuk Kopling (Area CVT)

Jika bunyi yang dihasilkan berupa decitan, kemungkinan besar penyebabnya karena perekat yang ada di mangkuk kopling telah hilang kekuatan rekatnya.

Kesimpulan

Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan, munculnya bunyi kasar di Nmax sebagian besar berasal dari area mesin. Utamanya, masalah di bagian pelatuk klep atau bearing noken as yang longgar.

Anehnya masalah bunyi kasar ini bukan hanya dialami oleh pengguna skutik Nmax. Akan tetapi, juga ada di skutik Yamaha lain yang sama-sama mengadopsi teknologi VVA.

Selain itu, pentingnya bagi pengguna Nmax untuk benar-benar mengidentifikasi sumber masalah dengan lebih teliti. Sebab, masalah bunyi yang muncul di Nmax juga berasal dari area CVT.

Hal ini dapat bedakan dari jenis bunyi yang terdengar maupun gejala yang dirasakan saat motor dikendarai.

Masalah-masalah di atas pasti ada sebabnya. Mulai dari kelalaian pemilik dalam mengganti oli hingga jarang melakukan perawatan rutin. Juga kemungkinan karena mengganti komponen dengan kualitas yang kurang mumpuni (KW).

Itu tadi pembahasan mengenai penyebab CVT Nmax muncul bunyi kasar. Semoga pembahasan dari Gitomotor ini dapat menambah pengetahuan seputar otomotif. Khususnya roda dua.

No comments:

Post a Comment