Pages

Friday, May 13, 2022

Ini Dia Ciri-Ciri Membran (Reed Valve) Ninja 2-Tak Rusak, Yuk Kenali Lebih Dekat!

Ciri-Ciri Membran Ninja Rusak - Perawatan motor 2-tak memang terbukti lebih ringan ketimbang motor jenis 4-tak lainnya. Perawatan yang biasa dilakukan, antara lain membersihkan karburator, cylinder head, dan kepala piston. Selain itu, perawatan pada komponen membran (reed valve) tidak kalah penting.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Teknologi Super KIPS pada Kawasaki Ninja 150, Yuk!

Ciri-ciri membran ninja rusak
Ciri-ciri membran ninja rusak

Seiring lamanya penggunaan motor ninja 2-tak, tentu komponen membran (reed valve) atau katup buluh ini akan mengalami kerusakan. Lalu, seperti apa ciri-ciri membran ninja 2-tak yang rusak itu?

Menurut penjelasan salah seorang tuner K-22 Garage, Cinere, Depok, Kahfi Wijaya. Bahwa salah satu ciri-ciri membran (reed valve) ninja rusak adalah motor susah langsam atau idle.

“Ciri-ciri reed valve (membran) yang rusak, yaitu motor tidak mau langsam dan bahan bakar menjadi boros dari biasanya,” kata Kahfi.

Kondisi reed valve/membran yang rusak dapat menyebabkan boros bensin. Karena terjadi kebocoran kompresi di ruang karter. Akibatnya, banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia. Untuk mengenali ciri-ciri membran (reed valve) ninja 2-tak rusak, yaitu dengan melihat dari ciri fisiknya.

Baca juga: Adakah Manfaat Super KIPS Dimatikan? Tentu Jangan Dimatikan, Ini Efek Negatifnya

ciri-ciri membran ninja rusak
Ciri-ciri membran ninja rusak: letak membran ninja r

“Adapun ciri fisik membran (reed valve) ninja yang rusak, yaitu karena karet rumah membran keropos, lidahnya tidak menutup rapat, dan tinggi stopper tidak rata,” tambahnya.

Nah, jika kondisi kerusakan membran (reed valve) sudah parah, sebaiknya komponen harus diganti dengan yang baru. Itu tadi beberapa ciri-ciri membran ninja rusak. Tidak hanya untuk motor ninja saja, semua motor jenis 2-tak juga memiliki kesamaan ciri-ciri yang disebutkan di atas.

Jika berkenan, Anda juga dapat mengunjungi artikel yang berkaitan di bawah ini. 

All New Yamaha Nmax 155, Penambahan Kapasitas Tangki Bensin Nmax

Mengenal Fungsi ECU dan Fitur Juken pada Motor Injeksi, Wajib Tahu!

Ayo, Mengenal Lebih Dalam mengenai Mesin eSP+ Honda PCX 160

No comments:

Post a Comment