Honda PCX 160 (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi) |
Pengertian Mesin eSP+ Honda PCX 160 – Salah satu produk dari PT Astra Honda Motor (AHM), yaitu All New Honda PCX 160. Telah mendapatkan pembaharuan. Pembaharuan tersebut berupa tampilan yang didesain ulang dan dibekali dengan mesin baru. Kapasitas mesin baru ini naik ke 156,9 cc yang sebelumnya 149 cc. Dengan kapasitas mesin yang naik, tentunya tenaga yang dihasilkan menjadi besar, yakni tenaga 16 PS dengan torsi puncak mencapai 14,7 Nm.
Mesin yang disematkan pada Honda PCX 160 ini menggunakan teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Lalu, apa sajakah yang baru dari mesin eSP+ tersebut?
Salah seorang divisi technical service dari PT AHM menyebutkan, bahwa ada beberapa hal yang ditambahkan pada mesin eSP+. Jelas, tujuannya adalah untuk mengurangi gesekan pada mesin dan meningkatkan performa.
Dikutip dari laman www.otosia.com dengan pengubahan seperlunya, yaitu sebagai berikut.
"Kami tetap mengadopsi teknologi mesin eSP+ yang telah ada. Seperti roller rocker arm, ACG Starter, lightweight piston, dan lainnya. Namun, ada juga beberapa yang ditambahkan," jelas Ade Muhajir.
"Mesin eSP+ menggunakan 4 katup dengan piston over bore. Jadi, diameter bore lebih besar dibandingkan stroke. Kompresinya naik menjadi 12:1. Namun, tetap bisa diisi dengan bahan bakar minimum oktan 90," terangnya.
Mesin eSP+ Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan hydraulic tensioner lifter stoper. Komponen ini berfungsi untuk mencegah cam chain (rantai keteng) mengalami disposisi karena getaran yang cenderung tinggi.
Baca juga: Arti Singkatan PCX yang Belum Banyak Diketahui, Padahal Hanya Sepele
Adapun crankshaft pada mesin eSP+ dibuat lebih rigid dengan dilengkapi roller bearing pada sisi sebelah kanan. Penambahan komponen tersebut bertujuan untuk memperhalus getaran dan mengurangi defleksi akibat gaya inersia dan pembakaran sewaktu putaran mesin tinggi.
Mesin eSP+ Honda PCX 160 juga dibekali dengan piston oil jet. Komponen ini akan menyemprotkan oli mesin ke sisi belakang piston. Dengan begitu, pendinginan bisa lebih efisien dan mencegah pembakaran awal yang tidak menentu.
Adapun saluran udara yang masuk ke dalam silinder juga disempurnakan. Di bagian filter pun ada penyearah (rectifier). Penyearah ini berfungsi untuk mengarahkan udara yang masuk dengan lebih presisi ke dalam silinder. Sekaligus mengurangi terjadinya turbulensi.
Perubahan ini nampaknya berdampak positif. Akselerasi All New Honda PCX 160 menjadi lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Juga tidak ada gejala gredek di putaran awal. Sekalipun ketika menanjak dengan kecepatan rendah.
Cukup sekian pembahasan mengenai pengertian Mesin eSP+ pada Honda PCX 160. Semoga yang Gitomotor share ini bisa bermanfaat.
Mesin eSP+ Honda PCX 160 |
Baca juga: Inilah Bedanya PCX ABS dan CBS yang Perlu Diketahui
No comments:
Post a Comment