Fungsi Sirip pada Blok Mesin dan Silinder Head – Pada kesempatan ini Gitomotor akan menyinggung tentang sirip pada blok atau silinder head di mesin. Ternyata, sirip yang ada tersebut bukan sebagai pemanis saja, melainkan ada fungsinya juga.
Pada motor yang berpendingin udara (tidak dipasangi radiator), pasti memiliki sirip yang ada pada blok dan silinder head di mesinnya. Karena hampir semua motor masih berpendingin udara, maka mesin dengan model seperti ini tidak kalah dengan mesin sekarang ini (yang telah menggunakan radiator).
Sirip mesin tanpa radiator. (unsplash.com/@gurysimrat) |
Fungsi sirip pada blok dan silinder head akan bekerja ketika motor jalan.
Ketika motor melaju, terpaan angin yang ditangkap dari depan langsung mengarah ke sirip-sirip di blok dan silinder head.
Sirip ini memiliki fungsi, yaitu untuk mendinginkan mesin. Alhasil, panas yang ditimbulkan mesin dapat diredam.
Baca juga: Masalah Motor Keluar Asap saat Baru Dinyalakan, Ada 3 Penyebabnya
Bedanya Motor dengan Radiator dan Tanpa Radiator
Mesin dengan radiator (unsplash.com/@gijsparadijs) |
Adapun untuk motor yang telah dilengkapi radiator, mesinnya sudah tidak memerlukan sirip tersebut.
Hal ini juga sebagai penanda untuk membedakan motor yang memakai radiator atau tidak.
Sistem pendinginan mesin motor yang menggunakan radiator berpangku pada sirkulasi air radiator.
Jadi, fungsi utama sirip tersebut adalah untuk menangkap angin dan mengalirkannya supaya dapat membantu proses pendinginan mesin ketika bekerja.
Nah, demikian pembahasan mengenai fungsi sirip pada blok mesin dan silinder head. Semoga hal yang telah Gitomotor sampaikan dapat memberikan pengetahuan tentang informasi seputar otomotif.
Baca juga: Ketahui Lebih Awal Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah
No comments:
Post a Comment