Pages

Saturday, June 4, 2022

Ketahui Lebih Awal Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah

Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah - Sekarang ini sepeda motor sudah menjadi barang wajib ada bagi setiap orang. Entah untuk pamer semata maupun transportasi sehari-hari.

Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah
Kawasaki Ninja (unsplash.com/@schaemii)

Sepeda motor sangat berguna. Kegunaannya untuk keperluan sehari-hari. Seperti berangkat kerja, ke pasar, mengantar makanan, atau moda ngojek online yang lagi ramai saat ini. Karena sering digunakan dan mengabaikan perawatan rutin, tentu akan menjadi penyebab motor brebet di putaran tengah ketika dijalankan.

Ketika mesin dihidupkan dan mulai digeber, seluruh komponen di dalam mesin akan bergerak sesuai tugasnya masing-masing. Sehingga, motor dapat berjalan sesuai keinginan biker.

Motor yang digunakan untuk mengangkat beban yang tidak semestinya, maka memberatkan kerja mesin. Tentunya, lama-kelamaan kemampuan komponen mesin mulai menurun. Alhasil motor menjadi brebet di putaran tengah. Brebetnya mesin motor itu mengindikasikan bahwa ada komponen yang mengelami masalah. Jika demikian, tindakan servis perlu dilakukan untuk menghilangkannya.

Munculya suara brebet ini akan terasa ketika motor berjalan di putaran menengah. Kemudian, pengendara akan merasakan mesin tersendat seakan-akan motor mau mati. Bahkan pernah terjadi motor mendadak mati di tengah jalan.

Masalah motor brebet ini jangan diangap sepele. Selain membahayakan bila mogok di tengah jalan, juga membuat malu pemiliknya. Apalagi motor tersebut baru dibelinya.

Penyebab motor brebet ini hanya sebagian orang yang paham mesin dapat mengetahuinya. Karena hal ini dapat terjadi di semua motor. Baik masih baru atau sudah lama.

Penanganan masalah ini sebenarnya tidak sampai membongkar mesin. Akan tetapi untuk antisipasinya perlu penangganan secepatnya. Jika dibiarkan dan motor dipakai terus-menerus, kerusakan dapat merambat pada komponen lainya.

Baca juga: Masalah Motor Keluar Asap saat Baru Dinyalakan, Ada 3 Penyebabnya

Penyebab Motor Brebet di Putaran Tengah

Berikut ini 5 penyebab motor brebet di putaran tengah.

1. Busi Mulai Rusak

Salah satu penyebab motor brebet ketika di putaran tengah, yaitu terdapat masalah pada komponen busi. Jika busi telah soak, penyaluran listrik tidak dapat bekerja secara normal. Busi yang melemah akan menggangu proses pembakaran. Sehingga, tarikan mesin akan brebet.

Untuk mengatasinya, yaitu cek kondisi busi secara langsung. Jika warnanya telah hitam gosong, segera bersihkan busi dengan ampelas. Jika masih brebet, tandanya busi telah soak dan harus diganti dengan yang baru.

Sebagai rekomendasi Anda dapat membeli busi dengan tipe lebih tinggi. Misalnya, jika awalnya menggunakan busi NGK7, sebaiknya pilih tipe busi dengan angka 8 atau 9.

Agar awet, cek busi secara berkala. Jika busi telah kotor, bersihkan segera.

2. Kotoran dan Air Masuk ke Dalam Tangki

Penyebab motor brebet di putaran tengah berikutnya adalah bahan bakar bercampur dengan air. Ini sering terjadi. Penyebabnya dapat terjadi ketika mencuci motor tidak sengaja tangki kesemprot air cukup deras. Alhasil air dapat merembes masuk ke dalam tangki. Tidak cuma itu. Penyebab lainnya, yaitu pembelian bensin telah dicampur dengan bahan lain (bensin campuran). Jika demikian, tarikan mesin menjadi tersendak seperti bensin mau habis.

Untuk mengatasinya, harus menguras habis isi tangki dan keringkan di bawah sinar matahari. Selain itu, keluarkan semua bensin yang tercampur. Dengan cara mengeluarkanya lewat pembuangkan bensin yang menempel di karburator.

Baca juga: Segini Ukuran Ban Standar Yamaha Xmax

3. Filter Udara yang Kotor

Sering dengan pemakaian motor, filter udara lama-kelamaan akan kotor. Karena telah menyaring debu yang terbawa oleh udara sebelum masuk ke ruang bakar. Lama-kelamaan debu dan kotoran akan semakin menumpak dan menembel sehingga membuat celah udara mampet. Akibatnya, udara tidak dapat masuk secara maksimal.

4. Setelah Klep Tidak Sesuai

Selain busi, penyebab motor brebet di putaran tengah karena setelan/setingan klep yang tidak standarnya. Jika setelan klep terlalu longgar atau rapat, jumlah udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran akan berpengaruh. Jika masalah ini terjadi, segera bawalah motor ke bengkel ahli.

5. Setelan Stasioner Tidak Sesuai

Stasioner atau dikenal dengan langsam motor. Jika setelannya terlalu kecil juga menjadi penyebab motor brebet di putaran tengah. Kenapa dapat terjadi? Hal ini disebabkan karena campuran bahan bakar dan udara yang masuk kurang pas. Jika belum pernah menyetel/menyeting stasioner, alangkah baiknya bawalah motor ke bengkel ahli. Penyetelan stasioner diperlukan feeling dalam merasakan suara mesin.

6. Karburator dan Injektor yang Kotor

Penyebab motor brebet di putaran tengah yang terakhir, yaitu adanya kotoran atau kerak yang tersumbat di injeksi atau karburator. Supaya karburator tidak mudah kotor, sebaiknya gunakan bahan bakar pertamax. Selain membuat karburator/injeksi tetap terjaga kebersihanya, pemakaian pertamax juga membuat komponen busi tetap bersih. Jadi, dapat menghemat biaya servis motor.

Itu tadi ulasan mengenai penyebab motor brebet di putaran tengah. Semoga artikel yang baru gitomotor share dapat bermanfaat manambah pengetahuan seputar otomotif.

Baca juga: Ini Dia Penyebab CVT Nmax Muncul Bunyi Kasar, Cek Bagian Ini!

No comments:

Post a Comment